×
BBGTK Provinsi Jawa Tengah Lakukan Sosialisasi Standar dan Deklarasi Maklumat Layanan

SIARAN PERS

Nomor : 001/sipers/BBGTKJT/X/2025


Surakarta, 2 Oktober 2025 — Balai Besar Guru dan Tenaga Kependidikan (BBGTK) Provinsi Jawa Tengah menegaskan komitmennya dalam menghadirkan layanan publik yang profesional melalui kegiatan sosialisasi Standar Pelayanan dan deklarasi Maklumat Pelayanan di kota Solo, Rabu (01/10). Kegiatan ini melibatkan 132 pegawai internal dan 5 perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Solo Raya.

Kepala BBGTK Provinsi Jawa Tengah, Darmadi, menuturkan, “Produk layanan yang diberikan kepada masyarakat ada yang bersifat mandatory dan ada yang inovasi. Produk inovasi merupakan program dengan cakupan sasaran yang lebih luas, dan tidak boleh menyimpang dari program (Direktorat) GTKPG.”  

Ia menambahkan, melalui inovasi yang terarah dan terstandar, BBGTK Jawa Tengah dapat menjangkau guru dan tenaga kependidikan secara lebih luas. ”Kami menyediakan sembilan standar pelayanan, mencakup permohonan informasi, pengaduan, pemanfaatan sarana dan prasarana, permohonan kerja sama, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan skema APBD, permohonan narasumber dan/atau dukungan SDM, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan skema APBN, kunjungan, serta pembelajaran lapangan,” jelas Darmadi.

”Seluruh pelayanan tersebut diatur dalam SK Kepala BBGTK Provinsi Jawa Tengah Nomor 0158/B7.3/OT.02.00/2025,” tambah Darmadi.

Dengan ditetapkan  Standar Pelayanan, diharapkan masyarakat memperoleh akses informasi mengenai persyaratan, alur, jangka waktu, produk layanan, serta mekanisme pengaduan dengan bahasa yang ringkas dan mudah dipahami. Sesuai dengan deklarasi Maklumat Pelayanan, BBGTK Provinsi Jawa Tengah meneguhkan kesiapan untuk memberikan layanan sesuai kebutuhan insan pendidikan sejalan dengan motto BBGTK Provinsi Jawa Tengah: Rumah Belajar Insan Pendidikan.



BBGTK Provinsi Jawa Tengah

Direktorat Jendral GTKPG

Email: bbgtkjateng@kemendikdasmen.go.id

Telepon: +6282143168886

Laman: www.bbgtkjateng.kemendikdasmen.go.id


Survey Kepuasan